arti tradisi makan onde-onde

okay.. asal muasal onde-onde sendiri sebenarnya tidak jelas karena mungkin memang merupakan makanan biasa saja pada jaman dulu di cina dulu. yaitu terbuat dari ketan dibentuk bulat2. belakangan dibuat berwarna-warni agar lebih menarik.

arti tradisi makan onde-ondeKenapa bentuknya bulat? kalau menurut salah satu cerita karena onde ini merupakan makanan yang biasa dimakan saat musim dingin dimana para keluarga berkumpul melingkar dalam 1 meja untuk makan bersama2, selain itu kenapa ketan? karena ketan itu lengket, diharapkan ketika kita makan onde bersama sama dengan keluarga dapat juga mempererat ikatan antar keluarga. Kurang lebih itu arti filosofis dari makan onde.

Selain itu onde juga biasanya dimakan setiap bulan pertama imlek pada saat tanggal 15 (Cap go meh) dalam istilah tionghoanya. Rasanya sendiri gimana sih? ya ketan tok dimakan dengan kuah air gula, manis2.. Kalau sekarang ini kita bisa menemui banyak penjual onde/ronde yang isinya kacang dan variasi lainnya yang pastinya lebih enak 😀 nyam nyam..

SB1M 450 x 450 untuk dibawah artikel