tanam bibit singkong 100 ton per ha

panen singkong berapa lama
9 December 2014
cara dan kiat sukses bertani menanam singkong
10 December 2014

my question is.. “Mungkinkah?”

well, jawabannya mungkin dalam skala kecil tapi tidak mungkin dalam skala besar. Kenapa? Untuk menghasilkan panen dengan rata2 100 ton per hektar alias 10kg x 10.000 pohon per hektar. dibutuhkan perawatan singkong yang sangat intens. waktu pemupukan yang tidak boleh telat, pembersihan gulma dan pengurugan tanah yang terus menerus.

Terus yang dipameran itu singkongnya segede gede babon itu beneran gak sih? ya bener.. mungkin 1 dari 100 pohonnya ada yang segede babon gitu. tapi gak mungkin semua pohon bisa segede itu. Kebayang kan jarak tanam singkong itu 1×1 meter. Kira2 mereka berebutan unsur hara dan media untuk tumbuh gak? jadi gak mungkin kan singkongnya dibawah saling bentrok, pasti ada yang kecil ada yang gede.

Soal bibit.. Hmm bibit apapun sebenernya potensinya besar kok bisa mencapai 60-70 ton sehektar aja (ASAL TERURUS) sebenarnya udah sangat bagus. Untuk itu bisa gunakan Kasetsart, Caspro, Varokah (berdasarkan pengalaman newbie saya) yang memang udah ada buktinya.

Oke , berdasarkan saran saya. lebih baik menanam dalam hektaran tanah yang sedikit tapi kehandle daripada memaksakan misalnya puluhan hektar tapi tidak terhandle..

Misalnya 5 Ha x 70 ton = 350 Ton, akan jauh lebih untung karena biaya yang dikeluarkan kecil. Dibandingkan 20 Ha x 20 ton = 400 Ton, karena semakin tidak kehandle kemungkinan gagalnya akan semakin besar, padahal biaya diawal untuk menggarap 20 Ha sudah sangat besar.

Oke mudah2an bermanfaat buat teman2 ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *